Minggu, 03 April 2011

hubungan IBD dengan SISTEM INFORMASI


PENGERTIAN SECARA UMUM TENTANG IBD ( ILMU BUDAYA DASAR )
Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus
HUBUNGAN SISTEM INFORMASI DENGAN ILMU BUDAYA DASAR
Informasi merupakan elemen dari kehidupan manusia yang saling terkait satu sama lainnya. Manusia berinteraksi kepada yang lain untuk dapat saling bertukar informasi. Banyak hal yang dapat terjadi dari proses sebuah informasi tersebut. Maka perlu adanya pengelolaan yang baik dalam hal ini merupakan fungsi dari sistem informasi. Namun dalam pelaksannanya seorang professional dibidang tersebut perlu melihat dampak dari sebuah sistem yang mereka buat.
Maka dari itu terjadi hubungan yang sangat erat antara sistem informasi dengan ilmubudaya dasar. Yakni memperluas wawasan mereka dalam menyesuaikan dengan lingkungannya, peka terhadap lingkungan budaya serta kritis terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kemanusiaan dan budaya. Serta itu juga agar manusia melakukan pertukaran informasi, atau dalam melakukan sebuah sitem informasi sesuai dengan norma norma budaya yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar